Cara Mengatasi Ngompol Pada Orang Dewasa

Posted by Unknown on Wednesday, January 4, 2017


ngompol
Ngompol terjadi tidak hanya pada anak kecil, bahkan orang dewasa pun bisa mengalaminya. Berikut adalah cara mengatasi ngompol seperti yang maivdo.com kutip dari liputan6.
Ngompol pada orang dewasa bisa muncul usai persalinan, akibat cedera olahraga, atau setelah operasi prostat. Ada sejumlah strategi guna mengatasi ngompol ini, terutama saat akan berolahraga. Berikut ulasannya

1. Gunakan pakaian berwarna hitam.
Pilih pakaian olahraga yang longgar berwarna hitam, terlebih bila Anda harus menggunakan pembalut.

2. Amati cairan yang masuk.
Bila Anda memiliki masalah ngompol, sebaiknya tidak mengonsumsi minuman berkafein seperti soda, kopi, atau teh. Kafein bekerja sebagai diuretik. Meski demikian, Anda tetap harus menjaga asupan cairan saat berolahraga, dengan minum air.

3. Lupakan makanan berempah.
Makanan berempah akan mengiritasi kandung kemih dan memperburuk ngompol. Minuman dengan kadar asam tinggi, seperti jus kranberi, jus jeruk, dan minuman sitrus lainnya juga menimbulkan iritasi serta memicu masalah ngompol. Minimalkan makanan jenis ini, tetapi maksimalkan makanan berserat tinggi.

4. Latihan kegel.
Latihan penguatan otot yang mengontrol kemih, yaitu latihan kegel, akan membuat perbedaan besar. Latihan kegel membantu gangguan ngompol ringan hing¬ga moderat, yang biasanya terjadi setelah melahirkan. Untuk melakukan latihan kegel, jepit (kerut) otot yang digunakan untuk menghentikan aliran urin. Tahan kontraksi selama tiga detik lalu rilekskan. Lakukan latihan ini 8-10 kali, tiga kali seminggu. Bila Anda tidak melihat ada perbaikan setelah 3-4 bulan, segera cek ke dokter.

5. Jadwalkan waktu berkemih.
Latihan berkemih dapat memperpanjang jarak waktu ke toilet. Buat rencana berkemih setiap 2-4 jam. Dengan begitu, waktulah yang akan mendikte kebiasaan berkemih, dan bukan kantong kemih Anda.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Please Comment About LED ?