Membanggakan Rektor dan Dosen IPB Raih Academic Leader Award 2019

Posted by Ayead Gaptek on Thursday, October 24, 2019

Dosen IPB

Tahun 2019 sepertinya tahun yang sangat membanggakan bagi rector dan 2 dosen IPB University pasalnya mereka diganjar penghargaan Academic Leader Award 2019 dari Kemenristekdikti. untuk Kategori Dosen dengan Tugas Tambahan Pemimpin Perguruan Tinggi.

Academic Leader Award dipersembahkan Kemenristekdikti sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada dosen yang telah menghasilkan karya inovasi yang sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.

Penghargaan Academic Leader 2019 diberikan untuk para akademisi, khususnya dosen yang telah berkontribusi dalam kemajuan pendidikan tinggi Tanah Air. Adapun penghargaan ini terbagi menjadi tiga kategori, yakni kategori dosen sebagai Academic Leader; kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai Pimpinan Perguruan Tinggi, dan kategori Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Untuk kategori Dosen bidang Teknologi, Prof Dr Slamet Budijanto, Magr didapuk sebagai juara pertama. Prof Dr Slamet Budijanto, Magr yang juga Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Teknologi Pertanian, IPB University ini memiliki inovasi diversifikasi pangan. Beliau secara aktif mengembangkan vehicle untuk diversifikasi sumber pangan, terutama sumber-sumber pangan lokal. Tujuannya untuk menguatkan misi kedaulatan pangan.

Untuk kategori lain, Dr Illah Sailah juga dinobatkan sebagai juara 2 Academic Leader kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti). Beliau tercatat sebagai dosen Departemen Teknologi Industri Pertanian IPB University. Selain itu Dr. Arif Satria yang merupakan rektor IPB University terpilih sebagai second winner pada kategori Academic Leader Dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi.

IPB University sebelumnya Bogor Agricultural merupakan University sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor.memiliki tenaga pendidik sebanyak 1.300 orang. Tidak hanya transfer knowledge, Dosen IPB juga memiliki dedikasi tinggi dalm mendidik mahasiswa agar memiliki karakter-karakter positif, leadership kuat, berjiwa entrepreneur, cerdas dan berintegritas. Mereka mencurahkan waktu di sepanjang hidupnya untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Bidang pertanian, kelautan, biosains tropika serta Berbagai kompetensi dikuasai para para pendidik ini. Tercatat banyak karya dosen yang menjadi referensi dan rujukan bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, peternakan, teknologi pangan, gizi masyarakat, pembangunan pedesaan, manajemen, pengembangan sumberdaya manusia, dan sebagainya.

Para pendidik ini tidak segan menggulung lengan baju, turun langsung ke lapang membantu persoalaan petani, peternak dan nelayan. Menggarap berbagai program pengabdian masyarakat yang sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Sebut saja, Safari Klinik Nusantara, Sekolah Peternakan Rakyat (SPR), Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya), IPB Goes to Field, Kampung Konservasi dan program-program lainnya yang telah menjangkau berbagai lapisan masyarakat desa.

Beberapa penghargaan internasional bergengsi yang pernah diraih oleh Dosen IPB diantaranya, Dosen Muda IPB Juara Pertama L’Oreal-UNESCO For Women in Science 2018, International Mollie Holman Medal, Laureate Program Make Our Planet Great Again dan ragam prestasi internasional lainnya.

IPB University Hampir setiap tahun selalu menempati posisi tiga besar penghargaan dosen berprestasi tingkat nasional yang seleksinya dilaksanakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI. Ragam prestasi dosen lainnya diantaranya Sarwono Award, Wallacea Grant Award British Council Newton Fund, Best Syariah Awards dan lain-lain. Sebagai peneliti, buah pemikiran, hasil penelitian dan inovasi karya dosen IPB University mewarnai dunia pendidikan di Indonesia. Selama sepuluh tahun berturut-turut sejak tahun 2008, inovasi dosen mendominasi dalam Inovasi Indonesia Paling Prospektif yang dikeluarkan Business Innovation Center (BIC)-Kemenristekdikti RI.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Please Comment About LED ?