Manfaat Cerita Pendek Anak yang Perlu Diketahui

Posted by Ayead Gaptek on Sunday, November 24, 2019

Cerita pendek Anak

Selain bermain, salah satu hal yang juga anak anak sukai adalah mendengarkan cerita pendek. Cerita pendek untuk anak biasanya alur cerita yang ringan dan hanya berfokus pada satu kejadian. Tokoh yang digunakan pun tidak terlalu banyak, sering kali cerita pendek anak ini menggunakan para hewan sebagai tokoh.

Mendengarkan atau membaca cerita pendek anak maupun dongeng mempunyai banyak manfaat bagi anak. mencerita merupakan kegiatan yang tepat untuk hiburan anak serta bisa membuat erat hubungan orangtua dan si kecil, secara psikologis juga bisa meningkatkan kecerdasan pada anak.

Para pakar menyatakan ada beberapa manfaat lain yang dapat digali dari kegiatan mencerita ini. Apa sajakah itu?

Mengasah daya pikir
Manfaat membacakan cerita untuk anak yang pertama, dapat mengasah daya pikir dan imajinasi anak. Hal yang belum tentu dapat terpenuhi bila anak hanya menonton dari televisi. Anak dapat membentuk visualisasinya sendiri dari cerita yang didengarkan dari cerita. 

Ia dapat membayangkan seperti apa tokoh-tokoh maupun situasi yang muncul dari cerita tersebut. Lama-kelamaan anak dapat melatih kreativitas dengan cara ini.

Menumbuhkan minat baca
Manfaat cerita untuk anak dapat menjadi langkah awal untuk menumbuhkan minat baca anak. Setelah tertarik pada berbagai cerita, anak diharapkan mulai menumbuhkan ketertarikannya pada buku. Diawali dengan buku-buku cerita yang kerap didengarnya, kemudian meluas pada buku-buku lain seperti buku pengetahuan, sains, agama, dan sebagainya.

Meningkatkan kecerdasan anak
Membacakan cerita untuk anak memainkan peran penting dalam pengembangan literasi dini, yang berperan penting dalam kemampuan membaca dan menulis.

Imajinasi anak-anak semakin meningkat setelah mendengarkan cerita. Orang tua dapat melibatkan anak-anak untuk membahas bagaimana cerita atau dunia yang luar biasa dari kisah-kisah ini dapat berbeda atau sama dengan dunia nyata.

Melalui interaksi antara orang tua dan anak-anak akan membantunya dalam mengekspresikan ide-ide dengan mudah. Penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat membacakan cerita untuk anak secara rutin dapat membantu mengumpulkan kosakata anak.

Mengajarkan anak berpikir positf
Anak-anak belajar dari karakter dalam cerita cerita dapat membantunya menghubungkan situasi dengan kehidupan mereka sendiri.

Manfaat cerita tersebut menunjukkan kepada anak-anak bagaimana cara memiliki pandangan positif terhadap masalah dalam hidup. Cara ini juga mampu mengajarkan anak dalam keterampilan berpikir kritis.

Membangun kecerdasan emosional anak
Dunia saat ini mungkin dilihat sebagai tempat yang menakutkan. Tidak sedikit keluarga dan terutama anak-anak dapat mengalami stres yang luar biasa. Ketika kondisi seperti itu, anak-anak perlu dilatih bahwa hal-hal buruk terjadi pada semua orang.

Manfaat membacakan cerita untuk anak dapat membantunya mengembangkan ketahanan emosional, dengan membantu anak menghubungkan cerita dengan masalah kehidupan nyata di mana sebagian besar ‘pahlawan menang.’

Kisah-kisah tersebut menunjukkan kepada anak bahwa semua orang pasti akan melewati tantangan hidup dan bahwa mereka harus selalu siap dan percaya bahwa akan berhasil dalam hidup.

Mengurangi kecemasan
cerita sebelum tidur adalah cara yang baik untuk menenangkan pikiran dan tubuhnya. Bahkan jika anak terlalu bersemangat, manfaat membaca cerita untuk anak akan membantunya terlibat dalam dunia yang sama sekali berbeda dan terbebas dari semua kecemasan.

Membacakan cerita dapat membantu menjadi tenang sehingga orang tua dan anak bisa tidur. Bacakan anak cerita setengah jam sebelum tidur dan buatlah suasana tenang dengan meredupkan lampu, dan bacakan cerita favorit dengan suara lembut yang menenangkan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Please Comment About LED ?