Segera Atasi Gangguan Kecemasan dengan Cara Ini

Posted by Ayead Gaptek on Sunday, December 22, 2019

Fokus

Gangguan kecemasan merupakan penyakit mental yang sangat umum dialami seseorang. Kondisi ini biasanya muncul karena merasa cemas ketika sedang melakukan sesuatu atau ketika tidak melakukan sesuatu. Namun, ketika gangguan tersebut dibiarkan membesar bisa mengakibatkan penderitanya depresi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi gangguan kecemasan mulai dari yang ringan sampai yang paling berat.

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan

1. Fokus pada kegiatan
Kecemasan kadang terjadi ketika sedang melakukan suatu hal. Di saat kecemasan tersebut datang, tetap fokus pada hal yang sedang dilakukan. Sebagai contoh, ketika sedang mengerjakan tugas kantor, lalu tiba-tiba rasa cemas tidak dapat menyelesaikan dengan baik muncul, langsung tetap fokus dengan pekerjaan tersebut. Akan lebih baik lagi jika fokus memikirkan bagaimana agar tugas bisa dikerjakan dengan baik.

2. Menarik napas yang dalam
Mengatur napas dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan tubuh menjadi lebih rileks. Dengan begitu, detak jantung pun akan menjadi lebih normal. Ketika rasa cemas menyerang, tarik napas dalam selama 5 detik, tahan selama 3 detik, dan keluarkan perlahan melalui mulut selama 5 detik dengan berdesis. Lakukan hal ini beberapa kali hingga pikiran menjadi lebih tenang.

3. Menyediakan waktu untuk diri sendiri
Mungkin rasa cemas muncul di saat keadaan atau suasana sedang kacau. Oleh karena itu, menyempatkan waktu untuk sendiri bisa menjadi alternatif cara agar rasa cemas itu hilang. Namun, sebaiknya ketika sendiri tidak terlalu memikirkan hal yang membuat lebih cemas. Akan lebih baik jika melakukan meditasi atau berdoa kepada Tuhan agar dimudahkan dalam proses kesembuhan.

4. Bercerita kepada orang yang dipercaya
Menceritakan apa yang dirasakan bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan gangguan kecemasan. Penderita gangguan kecemasan bisa bercerita kepada orang yang dipercaya seperti orang tua, saudara kandung, teman dekat, atau psikiater. Terkadang dengan melepaskan semua yang dirasakan kepada orang lain dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang. Selain itu, lawan bicara pasti juga akan memberikan dukungan dan solusi agar gangguan segera teratasi

5. Konsultasi pada psikiater
Ketika rasa cemas sudah luar biasa dan tidak bisa diatasi sendiri, akan jauh lebih baik jika langsung dikonsultasikan kepada psikiater profesional. Psikiater akan memberikan pengobatan yang terbaik. Proses penyembuhan ini bisa memakan waktu yang cukup lama jika gangguan kecemasan sudah level tinggi sehingga mengharuskan pasien untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan secara rutin setiap minggu atau setiap bulan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan kecemasan ketika menyerang. Sekecil apapun tanda kecemasan yang muncul akan lebih baik segera diatasi agar tidak menjadi lebih parah. Kecemasan yang dibiarkan terus menerus dapat mengganggu jalannya kehidupan.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Please Comment About LED ?